Tempat Istirahat Panglima Besar Jendral Soedirman di Goliman, Kediri

Meja, kursi, nampan dan kendil di tempat peristirahatan | Foto: Ardhy

Gerilya Panglima Besar Jendral Soedirman bersama kelompok kecil dan dokter pribadinya yang menyusuri kawasan selatan Pulau Jawa, membawanya ke tempat peristirahatan di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

Perkampungan yang dilewati rute gerilya, menyambut kedatangan Soedirman dengan secepat mungkin mencarikan tempat persembunyian. Selama di Dusun Goliman, ia dan pasukannya tinggal di salah satu rumah warga yang sekaligus dijadikan tempat menyusun strategi perang.

Saat tulisan ini kami muat, kami belum dapat informasi tambahan mengenai kondisi rumah yang sempat ditinggali rombongan gerilya tersebut. Berdasar kiriman foto dari @ardh_art dan tulisan @dhytarosa kita bisa melihat salah satu sudut kamar yang masih dijaga keasliannya.

Meja, kursi, nampan dan kendil masih utuh dirawat oleh Mbah Badal, sang pemilik rumah. Menurut keterangannya, ia juga menjadi salah satu pemikul tandu ketika Jendral Soedirman melanjutkan rute gerilya dari Dusun Goliman menuju Dusun Magersari, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *