Pecel Jombangan, Pecel Super Lezat dari Pare

PJDK 1

Pecel merupakan makanan murah yang lezat yang dapat dijumpai di warung-warung nasi diberbagai daerah, namun barangkali hanya di Kediri kita bisa menemui aneka ragam olahan Nasi Pecel yang nikmat dan super lezat . Seperti Pecel Bu Kamarumi di Dusun Jombangan, Desa Tretek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Memang agak sulit menemukan warung pecel satu ini, karena letak warungnya berada jauh dari jalan besar. Namun ketika sudah menyantap sendok pertama Pecel Jombangan ini, maka dalam hati akan berniat ingin mencobanya lagi di kemudian hari. Dari Alun-Alun Pare bisa melewati gang sebelah SMA Dharma Wanita dengan mengambil jalan lurus hingga menemukan musholla kiri jalan sesudah melewati perempatan dekat STAI Hasanudin. Atau bisa juga melewati belokan sebelah timur Kolam Renang Corah sampai menemukan perempatan lalu belok kanan. Untuk lebih amannya dan tidak kesasar begitu jauh, disarankan untuk bertanya saja kepada warga sekitar, sebab tempatnya memang cukup terpencil.

Pecel 3 pecel 1

Pecel Bu Kamarumi atau lebih terkenal dengan sebutan Pecel Jombangan yang telah buka sejak tahun 1991 ini memiliki rasa super lezat. Tidak ada yang namanya sepiring pecel, adanya sepincuk pecel, karena memang pecel Bu Kamarumi ini disajikan menggunakan pincuk dari daun pisang. Inilah yang membuat Pecel Jombangan memiliki ciri khas sendiri selain rasanya yang memanjakan lidah penikmatnya.

Setiap harinya, warung ini buka dari jam 16.30 WIB sampai 24.00 WIB. Namun terkadang, sebelum jam tengah malam sudah tutup karena saking larisnya pembeli yang ingin menikmati pecel satu ini. Warungnya sederhana dengan meja kursi seadanya, dan jika pembelinya membludak terpaksa menggelar karpet di bawah. Sederhana namun benar-benar nagihi. Dari pecelnya sampai suasana ketika makan.

Pecel dengan rempeyek yang dalam istilah Jawa-nya “kemremes” ini berharga Rp. 4000 per porsinya. Seporsi nasi Pecel ini berisi nasi pulen yang hangat, lalapan atau sayur mayur yang disiram dengan sambal pecel. Atau kalau ingin campur pasti ditambah dengan sambal tumpang, dan terakhir rempeyek kacang diatasnya. Rempeyek inilah yang membuat pecel ini semakin terasa sempurna. Jika ingin tambah lauk, di meja-meja sudah disediakan seperti tempe, tahu, telur asin, dan lain-lain. Terdapat pula cemilan lain seperti pisang goreng.

pecel 2

Bila berkesempatan berkunjung ke Pare, maka belum afdol rasanya bila belum mencicipi Pecel Jombangan ini. Disajikan dengan pincuk serta rasa pecel yang begitu nikmat, Pecel Jombangan ini telah menambah kekayaan legenda Kuliner Kediri. Siapapun kamu penikmat kuliner terutama pecel, jangan sampai melewatkan Pecel Jombangan!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *