Pasar Tugu (Sabtu Minggu) Simpang Lima Gumul Kediri

IMG_0611

Monumen Simpang Lima Gumul ternyata tak hanya sekedar sepetak bangunan berdimensi yang terinspirasi dari Arch De Triomphe Paris, namun ada daya tarik lain yang membuat Simpang Lima Gumul menjadi sebuah tempat menghabiskan akhir pekan yang tepat bagi masyarakat kabupaten Kediri, yakni Pasar Tugu atau Pasar Sabtu Minggu.

Pasar Tugu terletak di sebelah barat monumen Simpang Lima Gumul yang berjajar di sepanjang jalan sebelah barat Simpang Lima Gumul. Pasar Sabtu Minggu atau lebih dikenal dengan Pasar Tugu ini menawarkan berbagai macam kuliner khas Kediri, seperti Pecel Tumpang, Nasi Goreng Ampok, Ayam Panggang, Bebek Goreng, Sate Ayam, Bakso, Mie Ayam dan kuliner-kuliner lain yang harganya sangat terjangkau.

Kebanyakan pedagang membawa dagangannya digerobak atau memasang tenda tak permanen, dan mereka mulai menggelar dagangannya ketika sore hari tiba hingga larut malam. Para pengunjung pun dapat menikmati kulinernya secara lesehan di tikar-tikar yang telah disediakan oleh pedagangnya. Suasana bertambah nyaman dengan angin yang sepoi-sepoi dan juga di sebelah timur terdapat background nan cantik, yaitu Simpang Lima Gumul yang ketika malam hari akan terlihat bersinar seperti emas dalam gelap.

Bila tidak ingin makan-makanan yang berat, terdapat beberapa pilihan kuliner jajanan yang tak kalah menggiurkan, yaitu Klepon Wonosari, Cenil, Sate Bekicot, Jagung Bakar, Martabak Mini, Telor Mini, Sosis, Siomay, Permen Kapas, Molen, Kacang Rebus, hingga pentol bakso yang menjadi kegemaran kebanyakan pengunjung.

Selain dapat menikmati berbagai kulinernya, di Pasar Tugu juga terdapat pedagang produk kerajinan khas Kediri, mainan anak-anak, peralaran rumah tangga, hingga kebutuhan sehari-hari. Terdapat juga tempat bermain anak-anak seperti becak gowes, sebuah transportasi sempat booming beberapa tahun lalu, becak bianglala, tempat mandi bola, rumah balon karet yang anak-anak senang berloncat-loncatan di sana dan masih banyak lagi.

Pasar Tugu ini sebenarnya buka setiap hari, namun pedagangnya akan lebih komplit ketika hari satu dan minggu sesuai namanya. Pengunjungnya pun akan lebih ramai ketika akhir pekan. Pada hari-hari biasa. pengunjung bisa dengan leluasa menaiki sepeda motor dan masuk untuk berkeliling Pasar Tugu, namun jika sabtu dan minggu, pengunjung harus memarkir kendaraan mereka.

Keberadaan Pasar Tugu ini sangat menambah daya tarik Simpang Lima Gumul, karena setelah puas menikmati keindahan Monumen Simpang Lima Gumul dan perut terasa keroncongan, maka bisa langsung berjalan kaki menuju Pasar Tugu dan menikmati kuliner-kuliner yang menggugah selera. Jadi, kapan giliranmu untuk menikmati kuliner dan segala yang ada di Pasar Tugu?

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *