Panjat Pinang, Pahlawan dan Penghargaan

Panjat Pinang di Tulungrejo Pare
Dam Tegalsari Jl. Lamtana Tulungrejo, Pare | Foto IG: kampunginggrishitz

Panjat pinang adalah jenis perlombaan khas untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Entah siapa yang pertama kali mencetuskan perlombaan ini dan mulai kapan lomba ini diperkenalkan. Namun yang lebih penting adalah panjat pinang lebih dari sekadar perlombaan karena mengandung nilai-nilai perjuangan di dalamnya.

Panjat pinang bisa ditafsirkan sebaga miniatur perjuangan yang diraih secara gotong royong oleh bangsa Indonesia. Tim peserta perlombaan adalah representasi dari para pejuang kemerdekaan. Dalam perlombaan panjat pinang, tim yang pertama kali mencapai puncak diharuskan mencabut bendera merah putih yang tertancap di pucuk pohon pinang dan mengibarkannya sebagai tanda kemenangan. Inilah kemenangan rakyat, simbol kemerdekaan.

Di puncak pohon pinang yang dilumuri berbagai macam minyak pelumas, tim yang pertama kali mencapai puncak bisa memilih hadiah menarik yang diinginkan. Hadiah ini bisa dimaknai sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan. Tak begitu penting apakah hadiah itu bernilai rupiah tinggi atau tidak. Substansinya adalah menghargai dan menghormati, jenis penghargaan bisa bermacam-macam.

Comments

comments