Lomba Balap Baiak, Tanggung Jawab Pemimpin dan Ketangkasan Tim

Balap Bakiak di Lingkungan Polaman, Kelurahan Manisrenggo, Kota Kediri | Foto: M. Ary Esa Mahendra

Lomba Balap Bakiak sangat populer di setiap agenda memperingati Hari Kemerdekaan. Dalam permainan, sandal kayu yang dimodel memanjang tersebut dipakai satu tim yang biasanya terdiri dari 3-5 orang. Kadang di arena besar, bisa lebih dari 5 orang.

Untuk menyelesaikan permainan ini, kita harus cepat sampai garis finish. Syaratnya adalah bermain dengan satu kesatuan tim. Sang komando yang posisinya ada di paling depan, akan memberikan aba-aba di setiap langkah, yang harus dengan sigap diikuti anggota di belakangnya.

Satu per satu langkah harus sama. Jika perlu, setiap geraknya dibarengi dengan yel-yel yang bisa digunakan sebagai penanda, sekaligus pemompa semangat. “Kiri-kanan, kita-menang, kiri-kanan, kita menang, kiri-kanan, kita menang”, begitu seterusnya sampai garis finish.

Permainan benar-benar menguji ketangkasan dan kerjasama kita sebagai tim. Pemimpin yang di depan juga akan diberi tangggung jawab untuk mengatur setiap langkah. Tentu tak ketinggalan kreativitas serta ide-ide revolusioner agar tim bisa terus energik sampai kemenangan didapat.

Comments

comments