Jelajah Sepeda Nusantara – Etape Harmoni Kediri

Kota Kediri terpilih menjadi salah satu dari 70 kota/kabupaten yang akan dilintasi oleh tim Jelajah Sepeda Nusantara. Event ini adalah bagian dari kampanye bersepeda sehat sekaligus promosi Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Untuk menyambut tim Jelajah Sepeda Nusantara, Pemerintah Kota Kediri akan menyelenggarakan sepeda santai Jelajah Sepeda Nusantara “Etape Harmoni Kediri” pada Minggu, 12 Agustus 2018 dengan titik start dan finish di Taman Tirtoyoso. Ribuan pesepeda akan ambil bagian yang memperebutkan hadiah puluhan sepeda MTB dan ratusan hadiah menarik lainnya. Untuk grand prize event ini berupa 5 paket umroh dan 5 paket wisata nasional akan diundi pada 18 November 2018 di Bali sebagai titik finish Jelajah Sepeda Nusantara.

Etape Harmoni Kediri akan melintasi rute sepanjang 22 km yang mencerminkan Kota Kediri sebagai kota yang harmonis dengan keunggulan torelansi antar umat beragama. Dari rute yang akan dilintasi mengambarkan misi kampanye toleransi diantaranya akan melintasi Masjid Agung Kota Kediri, Kompleks Pecinan di Jl Yos Sudarso, Gereja Merah, juga melintasi landmark kota seperti Jembatan Lama Brantas, Taman Sekartaji, kawasan Lebak Tumpang – Gunung Klothok, hingga Goa Selomangleng.

Event Jelajah Sepeda Nusantara ini diharapkan benar-benar memberikan efek di tengah masyarakat sebagai bentuk kehadiran Negara untuk mendorong warganya hidup sehat dengan bersepeda. “Kota Kediri saat ini telah memiliki jalur sepeda dan juga punya event rutin sepeda seperti Kediri Night Ride yang berlangsung satu bulan sekali. Kami berharap sepeda menjadi gaya hidup masyarakat, karena semakin sehat manusia maka ia akan semakin produktif,” kata Walikota Kediri Abdullah Abubakar.

Untuk ambil bagian dalam Jelajah Sepeda Nusantara “Etape Harmoni Kediri” tidak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat umum bisa mendapatkan tiket untuk mengikuti sepeda santai ini pada 6 – 11 Agustus 2018 di kantor Bidang Olahraga – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kediri, GOR Joyoboyo atau bisa menghubungi Mirza (081216475666).