Air Terjun Dolo, Keindahan di Tengah Hutan

Kabupaten Kediri bisa disebut sebagai sebuah lembah antara Gunung Kelud dan Gunung Wilis, oleh karenanya terdapat cukup banyak air terjun di daerah Kabupaten Kediri, salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Dolo. Sebuah air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Air Terjun yang cantik ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Kediri, memang lumayan jauh dari pusat kota namun disepanjang perjalanan menuju Air Terjun, mata akan termanjakan dengan pemandangan hijau yang terhampar di bagian barat Kediri ini. Ditambah lagi dengan hawa sejuk dan suasana yang tenang membuat Air Terjun ini menjadi tujuan wisata yang tepat untuk me-refresh diri.Terdapat beberapa jalur untuk menuju Air Terjun ini. Pertama melewati jalan menuju Gereja PohSarang dan yang kedua melewati daerah Mojo bagian timur, namun askes jalannya tak semudah ketika melewati jalanan yang melewati Gereja Poh Sarang. Bila kesana, jangan khawatir akan nyasar dan tidak tau jalan karena hanya ada satu track menuju Air Terjun ini. Memang ada dua alternatif jalan menuju kesana, namun dua-duanya memiliki satu track yang tidak ada percabangan jalan di sepanjang jalannya.

Beberapa meter sebelum menemukan tanjakan jalan yang cukup ekstrem menuju Air Terjun Dolo, akan tertemui gerbang menuju Air Terjun kecil bernama Irenggolo. Sebuah air terjun dengan akses jalan yang mudah untuk ditempuh (akan diposting dalam artikel selanjutnya). Tiket masuk ke Air Terjun Dolo cukup terjangkau, hanya membayar Rp. 4000 per orang dan Rp. 2000 per motor.

Untuk sampai ke Air Terjun Dolo, harus berjalan kaki melewati tangga-tangga yang sudah dibangun lengkap dengan pegangan tangga yang memudahkan untuk berjalan. Setelah beberapa menit berjalan menuruni ribuan tangga, akan tersambut dengan suara jatuhan ribuan liter air yang menyejukkan.

Semakin mendekat tetes-tetes mirip embun semakin akan terasa dan ini yang khas dari setiap Air Terjun. Air yang jernih, suara yang menenangkan dan hawa yang sejuk adalah beberapa gambaran suasana di bawah Air Terjun Dolo. Pemandangan air yang terus menerus mengalir deras dari tebing yang tinggi adalah pemandangan yang indah yang mungkin tak akan tertemui dalam keseharian. Jadi tidakkah tertarik untuk mengunjungi salah satu Air Terjun di Kabupaten kediri yang eksotis ini??

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *